Minggu, 11 September 2011

(MOD) Trick Simple Pindah Aplications / Games ke SDcard Pada Ponsel Android

Semakin hari semakin banyak Aplikasi dan Game yang tersedia di Android Market, mulai dari yang unik, keren, dasyat, sampai yang gak penting ada disana. Kita sebagai pengguna ponsel Android juga merasa penasaran degan aplikasi-aplikasi atau game-game yang tersedia disana dan sangat ingin mencobanya.
Tapi untuk pengguna awan yang mungkin baru menggunakan ponsel Android belum mengetahui bahwa untuk versi Android 2.1 dan 2.2 (ini yang baru Saya ketahui) dalam installasi aplikasi-aplikas atau game-game ternyata memakan space dari memori internal / memori telpon dan tentu saja ini sangat mengganggu, Anda pasti akan kecewa dengan itu. Anda sudah menyiapkan SDcard external super besar untuk menyimpan aplikasi dan game favorit anda tapi semua itu harus tertahan dengan space internal memori yang semakin berkurang.

Dengan adanya kasus tersebut, Developer Android sudah memberikan solusinya dengan menambahkan fasilitas move to SDcard yang bisa ditemukan di menu Setting > aplication > manage aplication dan kita hanya tinggal memilih aplikasi mana yang mau dipindahkan ke SDcard.
Tapi pada kenyataannya ada sebagan aplikasi yang bandel dan tidak mau dipindah ke SDcard. Lalu bagai mana trik untuk mengakali agar aplikasi-aplikasi atau game-game yang bandel tersebut bisa dipindahkan ke SDcard...?? berikut langkah simplenya

Langkah-langkah Memindahkan Aplikasi atau Game ke SDcard
  1. Dalam proses ini dibutuhkan ABD
  2. Buka ABD dan Hubungkan Ponsel Android ke PC
  3. Ketikan perintah
    adb shell pm setInstallLocation 2


  4. Pada ponsel buka Setting > aplication > manage aplication dan pilih aplikasi mana yang akan di pindah ke SDcard

    Sebelum


    Sesudah

     
    Note : untuk mengembalikan ke setingan semula hanya cukup mengganti Perintah
    adb shell pm setInstallLocation 2 menjadi
    adb shell pm setInstallLocation 0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar